Custom Search

Thursday, January 1, 2009

Sony Ericsson M600i

Penampilan smartphone tidak harus tambun. Sony Ericsson M600i tampil lebih ramping dibanding pesaingnya. Sekilas bentuknya terlihat sederhana. Desain candy bar , kotak tanpa lekuk. Di tengah derasnya serbuan ponsel-ponsel di luar smartphone berdesain genit, tampilan luar Sony Ericsson M600i ini memang terlihat kurang menggoda.

Tapi, jika menaruh ponsel ini di jajaran ponsel-ponsel cerdas, desain M600i ini terlihat lebih menarik. Umumnya ponsel-ponsel cerdas yang ada di pasaran memiliki bodi yang tambun dan berat.

M600i memiliki ukuran 107 x 57 x 15 mm. Dimensi ini membuat ponsel tidak terlalu gemuk. M600i juga nyaman digenggam. Memasukkan ponsel ini ke dalam saku mungkin bukan ide yang baik. Tapi kalaupun cara ini ingin Anda lakukan, M600i tetap bisa berdiam diri di saku. Hanya saja saku Anda terlihat penuh.

Meskipun desainnya terlihat sederhana, kesan elegan masih terpancar dari ponsel yang bergerak di jaringan 900/1800/1900 MHz ini.

Ada dua warna yang tersedia untuk M600i, yaitu Granite Black dan Crystal White. Sedikit sentuhan warna biru yang ada di loudspeaker , bagian belakang bodi ponsel dan sytlus mempercantik desain ponsel.

Stylus ada di samping kiri bodi ponsel. Tata letak stylus di bagian kiri ini akan menguntungkan pengguna yang terbiasa menggunakan tangan kiri. Sebaliknya lokasi stylus ini membuat pengguna yang biasa beraktivitas dengan tangan kanan agak kesulitan menjangkaunya.

Tombol JogDial terletak di samping kiri bodi ponsel, tak jauh dari lokasi stylus. Anda bisa menggunakan tombol ini untuk bergerak dari satu menu ke menu yang lainnya. Anda bisa menemukan tombol Back di bawah tombol JogDial. Tombol ini akan mengantarkan Anda ke menu sebelumnya atau ke mode siaga. JogDial ini juga berfungsi sebagai tombol pengaturan volume.

Pada samping kanan bodi ponsel terdapat tombol untuk mengakses menu web. Tapi Anda bisa mendesain tombol ini untuk mengakses menu lainnya. Di samping kanan bodi ponsel juga terdapat slot memori eksternal Memory Stick Micro. Casing yang menutupi slot memori eksternal ini menjaga keutuhan desain ponsel.

Di bagian bawah terdapat port untuk konektor. Tombol power dan port inframerah terletak bersebelahan di bagian atas ponsel.

Layar ponsel terlihat cukup lapang. M600i memiliki layar TFT QVGA berukuran diagonal 2,6 inci. Kedalaman layar mencapai 262.144 warna dengan resolusi 240 x 320 piksel. Kualitas layar cukup maksimal. Satu bagian yang juga layak dicermati adalah slot kartu SIM. Tata letak kartu SIM ini agak unik. Slot ini terletak di bagian belakang di atas baterai ponsel. Pengambilan kartu SIM memerlukan sedikit usaha lebih. Anda perlu menarik lempeng warna perak keluar, lempeng ini kemudian mendorong kartu SIM hingga setengah bagian. Setelah itu Anda bisa menarik kartu SIM ini keluar.

Sony Ericsson mengadopsi tampilan awal ala peranti Windows Mobile. Tampilan pertama di layar setelah menghidupkan atau mengaktifkan ponsel adalah informasi tentang jadwal, daftar tugas dan pesan-pesan (SMS maupun e-mail) yang tersimpan di dalam ponsel.

Dengan tampilan seperti ini pengguna bisa dengan cepat mengetahui jadwal serta daftar pekerjaan yang sudah ditentukan sebelumnya, dan pesan-pesan yang ada. Semua data pengelola informasi pribadi ini ditampilkan di bagian tengah layar ponsel.

Di bagian bawah terdapat pintasan ke berbagai aplikasi ponsel: buku alamat (Contacts), browser web, speed contacts (untuk menelepon cepat), pesan-pesan (Messaging), serta Main Menu. Pintasan ini bisa diketuk dengan stylus, namun bila Anda bersikukuh menggunakan satu tangan jog dial bisa dimanfaatkan.

Salah satu yang bisa dibanggakan M600i adalah fitur messaging yang lumayan komplet. Aplikasi messaging dapat diakses langsung dari layar utama. Pesan pendek (SMS), pesan multimedia (MMS) maupun surat elektronik terpadu di dalam aplikasi ini. M600i mendukung baik akun e-mail POP3 maupun IMAP.

Terdapat dukungan juga buat push-mail. Namun ini mensyaratkan penggunaan Microsoft Exchange pada server e-mail. Peranti lunak terakhir ini banyak ditemukan pada server e-mail korporasi. Jadi fitur push-mail akan lebih banyak bermanfaat buat pengguna kantoran.

M600i juga mendukung fitur Remote Synchronization (penyelarasan jarak jauh) menggunakan protokol SyncML. Fitur ini jarang digunakan pengguna rumahan-mungkin karena terasa tidak banyak gunanya. Meskipun demikian fitur ini bisa bermanfaat besar untuk kalangan bisnis. Sebagai contoh penggunaan server SyncML kantor dan kalender yang bisa dibaca umum memudahkan koordinasi para karyawan.

Meskipun lebih ditujukan buat kalangan bisnis Sony Ericsson M600i ini cukup baik buat hiburan. Ambil contoh untuk memutar MP3. Ponsel ini dilengkapi dengan Music Player yang bekerja seperti Windows Media Player atau iTunes di komputer. Suaranya nyaring buat ukuran ponsel-pada lingkungan yang cukup tenang Anda bisa mendengarkan musik tanpa harus menggunakan earphone.

Tampilan di layar juga jernih-hal yang penting untuk menikmati video. Ponsel ini mendukung format 3GPP maupun MP4 (keduanya dirancang untuk peranti mobile), serta RealMedia. Tersedia juga dukungan buat video streaming.

Tinggal menunggu jaringan 3G terpasang dan kontennya tersedia.Dalam game ini dibundel game Golf. Selain turut memanfaatkan kejernihan layar game ini memamerkan tampilan tiga dimensi.

0 comments:

Related Posts with Thumbnails